Home » Uncategorized » 15 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari

15 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari

Tuesday, January 21st 2020. | Uncategorized

15 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari


Sehat adalah pilihan, maka harus dibiasakan. Simak tips & cara pola hidup sehat agar tubuh kuat dan bugar hingga tua nanti!

Pola Hidup Sehat – Sekarang ini, berbagai penyakit dapat menyerang kita di mana saja dan kapan saja. Terlebih lagi, masalah kesehatan itu tidak hanya disebabkan oleh faktor biologis internal saja, tetapi juga dapat berasal dari lingkungan sekitar yang tidak baik bagi tubuh kita.

Upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan pun kiranya perlu dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang dapat mengganggu tubuh, serta aktivitas keseharian kita. Oleh karena itu, kerap kali ditemukan pula imbauan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat.
Pola hidup sehat ini memang wajib ditanamkan sejak dini pada diri kita. Tidak perlu keluarkan duit dan tenaga ekstra.

Cukup ikuti rekomendasi tips pola hidup sehat sederhana berikut ini!

SAYA TIDAK INGIN ANDA MEMBACA TENTANG RESERVE

1. Rajin Minum Air Mineral


Sumber Gambar: One Water

Sebagian besar komposisi tubuh kita terdiri atas cairan. Kisarannya adalah 60%-70%.

Meskipun begitu, setiap saatnya cairan tubuh kita terus berkurang. Makanya, kita perlu rajin meminum air mineral demi mencukupi komposisi cairan tubuh kita.

Air mineral juga membantu proses metabolisme tubuh dan ampuh mencegah segala jenis masalah kesehatan.

2. Tidur yang Cukup


Sumber Gambar: Healthline

Waktu istirahat dibutuhkan setiap makhluk hidup, termasuk manusia.

Umumnya, manusia membutuhkan durasi tidur tertentu tergantung pada usia. Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang relatif lebih lama, sedangkan orang dewasa butuh waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari.

Sementara itu, orang tua (manula) memerlukan waktu tidur yang relatif lebih cepat dibandingkan anak-anak dan orang dewasa.

3. Olahraga


Sumber Gambar: Live Science

Kegiatan olahraga tidak melulu perlu dihubungkan dengan stadion dan gym. Halaman belakang rumah, jalan pedestrian, dan taman kota dapat menjadi ruang berolahragamu.

Otot dan tulang kita perlu digerakkan dan diregangkan agar tidak kaku dan pasif. Hasilnya, tubuh kita akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit yang siap menjangkit.

Lakukanlah kegiatan olahraga minimal sekali per minggu atau 30 menit per hari. Jika dirasa berat, pilihlah olahraga ringan, seperti berjalan santai atau jogging.

4. Makan Buah-buahan

Sumber Gambar: North Sore Pediatric Therapy

Dengan segala macam rasa, bentuk, dan warnanya, buah-buahan punya khasiat yang baik buat kesehatan kita.

Kandungan mineral yang terdapat di dalam buah-buahan dapat memenuhi protein yang dibutuhkan tubuh kita. Misalnya, si kuning jeruk yang kaya akan vitamin C dapat membantu penguatan tulang.

5. Makan Sayur-mayur

Sumber Gambar: UGA Today

Selain buah-buahan, sayur mayur pun tidak kalah pentingnya.

Sayur-mayur memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh kita. Bermacam protein dapat menjaga keseimbangan asupan nutrisi tubuh.

Pilihlah sayur yang kamu suka. Boleh juga mengolahnya menjadi jus yang segar maupun hidangan yang lezat.
BACA JUGA: 20 MANFAAT BUAH PLUM, DIET SEHAT ALAMI PALING AMAN!

6. Meditasi


Sumber Gambar: Mindful

“Mens sana in corpore sano (di dalam raga yang kuat, terdapat jiwa yang sehat),” begitulah kata seorang pepatah.

Ahli medis menyepakati gagasan bahwa manusia perlu menjaga kesehatan fisik maupun mental. Tidak ada yang lebih penting dan tidak ada yang sangat didahulukan. Keduanya saling bersinergi.

Bermeditasilah ketika akhir pekan tiba. Apalagi, meditasi bukan cuma yoga. Ibadah, liburan, dan bincang-bincang santai bersama teman pun dapat digolongkan sebagai meditasi.

7. Atur Pernapasan


Sumber Gambar: Best Health Magazine

Oksigen merupakan satu hal yang vital dalam kehidupan kita.

Kita memang terbiasa untuk bernapas, namun jarang mengetahui bahwa teknik pernapasan tertentu dapat memberi kekuatan terhadap tubuh.

Biasanya, para atlet dibekali dengan teknik pernapasan tertentu agar mendapatkan kekuatan ekstra. Salah satu cara pernapasan yang baik adalah menghirup udara sedalam-dalamnya. Tahan selama 5 sampai 10 detik, lalu embuskan.

8. Konsumsi Camilan Sehat


Sumber Gambar: Kayla Itsines

Menyantap cemilan memang cocok buat meningkatkan mood, tetapi tidak semua jenis cemilan menyehatkan tubuh.

Cemillah snack–snack sehat, seperti keju rendah lemak, yogurt, dan salad.

9. Diet Tepat


Sumber Gambar: Healthline

Tidak perlu diet ketat biar sehat. Cukup lakukan diet yang tepat.

Sejak kecil, kita dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Terapkanlah anjuran diet tersebut agar asupan nutrisi tubuh terpenuhi. Mudah, bukan?

10. Konsumsi Vitamin


Sumber Gambar: ConsumerLab

Terkadang, kita membutuhkan porsi vitamin tambahan untuk menyeimbangkan protein tubuh.

Jangan lupa juga untuk selalu mengikuti resep dokter atau dosis yang direkomendasikan biar terhindar dari overdosis vitamin.

BACA JUGA: TUBUH LEBIH BUGAR DAN SEHAT DENGAN RESERVE

11. Dapatkan Paparan Sinar Matahari


Sumber Gambar: The Economic Times

Sinar matahari dapat membantu kesehatan tubuh. Plus, paparan sinar matahari mendukung kerja tubuh untuk memproduksi vitamin tertentu, misal vitamin D.

Selama kita memaparkan kulit di bawah sinar matahari dalam waktu yang tidak lama, kebiasaan ini masih terbilang aman.

12. Kurangi Gula-gulaan


Sumber Gambar: Sweet Defeat

Kurangi konsumsi sesuatu yang terlalu manis, apalagi jika produk tersebut ditambah gula pabrikan.

Tubuh manusia memang memerlukan beberapa takar gula saja setiap harinya. Namun, kelebihan kadar gula dapat mengundang berbagai macam penyakit, loh.

Konsumsi lah asupan gula secukupnya, terutama gula alami.

13. Jangan Lewatkan Sarapan Setiap Hari


Sumber Gambar: Yahoo News

Masyarakat Indonesia sering disebut-sebut memiliki kebiasaan untuk tidak bersarapan. Padahal, sarapan itu penting untuk menjaga stamina dan kesehatan.

Tanpa adanya asupan yang cukup, tubuh akan cenderung melemah.

Biasakan sarapan setiap harinya sebelum pukul 9 pagi. Atau lebih baik, makan lah pada pukup 7 pagi, karena saat itu penyerapan tubuh terhadap nutrisi akan lebih maksimal.

14. Hindari Rokok


Sumber Gambar: European Public Health Alliance

Perokok pasif maupun aktif sama-sama akan terkena dampak buruk rokok.

Kandungan rokok dan asap yang dihasilkannya memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh serta lingkungan sekitar.

Usahakan untuk tidak merokok dan berdekatan dengan asap rokok, ya.

15. Rutin Cek Kesehatan


Sumber Gambar: Advantage Care Health Centers

Terakhir, rutinlah melakukan pemeriksaan medis ke dokter atau ahli nutrisi. Lakukan hal ini setidaknya setiap 3 bulan sekali.

Bisa jadi, tubuh yang tampak sehat ternyata menyimpan sejumlah penyakit.

Itulah tips & cara pola hidup sehat yang dapat dilakukan sejak dini. Jangan sampai penyakit dahulu yang menjangkit, baru bersusah payah untuk hidup sehat.

Apalagi, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?


Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

tags:

Related For 15 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari

Comment For 15 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Ditanamkan Sejak Dini Tiap Hari